Congenital Heart Defect

Apa sih congenital heart defect itu?

Congenital heart defect dalam bahasa Indonesia disebut sebagai penyakit jantung bawaan (PJB). Saya pribadi lebih senang menyebutnya sebagai cacat jantung bawaan, karena pengertiannya lebih sesuai dengan pengertian congenital heart defect, meskipun agak lebih tidak enak didengar. Selanjutnya saya memakai istilah PJB saja supaya sama dengan pengertian pada umumnya.

PJB sudah diderita sejak masih janin di dalam kandungan. Prosesnya terjadi saat masa embriologi yaitu pada masa-masa di mana jantung sedang dibentuk, atau bisa saja terjadi karena peradangan akibat infeksi yang menyerang jantung sehingga meskipun jantung sudah sempurna terbentuk, terjadi perlengketan-perlengketan pada daun katup pembuluh darah besarnya.

Di mana-mana, di seluruh dunia angka kejadiannya adalah 8-12 perseribu kelahiran hidup, atau dengan kata lain, tiap menit ada 15 ank dengan kelainan jantung bawaan di lahirkan.

Apa yang membuat anak-anak ini istimewa?

Mereka istimewa karena berhasil bertahan hidup dengan arah aliran darah yang berbeda dari orang-orang normal. Namun di lain pihak kondisi ini membuat jantung bersusah payah memompa darah untuk memenuhi energi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Oleh karena itu, pada umumnya pertumbuhan dan perkembangan anak dengan PJB lebih lambat daripada anak-anak yang normal, karena jumlah oksigen dan makanan yang menjadi bahan bakar untuk tumbuh dan berkembang tidak cukup.

Lalu apa yang harus dilakukan ?

Ini panjang ceritanya..dan agak rumit, jadi ikuti saja web ini, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat memberikann jawaban-jawaban yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s