Aortic Stenosis = AS (Stenosis aorta)

Aortic Stenosis = AS dalam bahasa Indonesia = Stenosis aorta

Menyerupai  PS yang sudah dijelaskan sebelumnya, Aortic stenosis adalah terdapatnya kelainan bawaan (lesi) yang mengakibatkan penyempitan pada jalan keluar dari bilik kiri. Letak penyempitannya dapat terjadi pada katup aorta (AS valvular), di bawah katup aorta (subvalvular) atau di atas katup aorta (supravalvular). Penyempitan pada katup biasanya disebabkan karena kelainan pada bentuk katup, misalnya katup bikuspid (daun katup hanya 2 lembar, normalnya 3 lembar), atau monokuspid (hanya terdapat lembar katup dengan 1 bolongan kecil aja di tengahnya). Penyempitan di bawah katup aorta dapat terjadi karena terdapatnya selembar selaput di bawah katup, atau jalan keluar dari bilik kiri menyempit (itu ibaratnya saluran air, trus ada bagian yang menyempit).

Aortic stenosis ini mengakibatkan curah jantung berkurang dan beban tekanan pada bilik kiri. Dampak AS pada kesehatan bergantung kepada derajat beratnya penyempitan. Pada yang penyempitan ringan – sedang, seringkali tidak menimbulkan gejala apa-apa. Kalau penyempitan berat, anak mudah lelah dan bahkan pingsan, dan nyeri dada terutama saat aktivitas. Aorta stenosis kritikal (mengancam jiwa karena sangat berat) sudah memberikan gejala gagal jantung saat masih neonatus (usia bayi belum 1 bulan) atau beberapa bulan.

Yang perlu diwaspadai juga adalah bahwa AS dapat merupakan salah satu bagian saja dari suatu syndroma, misalnya yang pernah dibicarakan di grup ini juga: William syndrome, Shone complex. PJB jenis yang lain juga dapat saja isolated (bukan merupakan bagian dari suatu syndroma) atau dapat merupakan bagian dari suatu syndroma, misalnya PDA dan PS sering terdapat pada Rubella syndrome; atrioventricular septal defect pada Down syndrome.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s