Atrial Septal Defect = ASD (Defek septum atrium=DSA)

Atrial Septal Defect = ASD dalam bahasa Indonesia: Defek septum atrium=DSA)

 ASD adalah terdapatnya defek/celah/lubang/bocor pada sekat atrium (serambi jantung). Sebagai akibat terdapatnya lubang tersebut, terjadi aliran darah dari atrium kiri ke atrium kanan sehingga membebani bilik kanan dan arteri pulmonalis karena alirannya ke situ meningkat. Secara anatomi ada beberapa jenis ASD, tetapi prinsipnya sama, yaitu mengakibatkan beban volume di bilik kanan dan peningkatan aliran darah ke paru. Pengaruh ASD ke kesehatan anak terutama ditentukan oleh besar kecilnya defek (ukurannya). Semakin besar ukurannya, semakin berdampak terhadap kesehatan anak. Bila ukurannya kecil, pada umumnya tidak banyak berdampak pada kesehatan anak.

ASD ini sering tidak ketahuan saat bayi atau anak-anak karena pada pemeriksaan dada saat didengarkan dengan stetoskop tidak ada kelainan suara jantung maupun bising jantung tidak terdengar. Seringkali juga tidak ada keluhan apa-apa dari orangtua, karena anaknya langsing, tetap aktif dan makan banyak. Namun sebenarnya bila diperhatikan, gejala itu ada, hanya saja tidak nampak jelas. Gejalanya ya itu tadi, makan banyak tapi berat badannya tidak naik dan anak tetep langsing. Keluhan ini biasanya muncul setelah anak sudah besar.

Komplikasi ASD : Hipertensi pulmonal, hambatan pertumbuhan. Hipertensi pulmonal biasanya terjadi setelah remaja atau dewasa, terutama pada yang ukurannya besar.

Tatalaksana ASD:

  1. Nutrisi: makanan bergizi menunjang pertumbuhan anak yang optimal.
  2. Medikamentosa:
    1. diberikan untuk membantu kinerja jantung. Terutama pada gagal jantung.
    2. untuk mengatasi hipertensi pulmonal bila sudah terdapat komplikasi hipertensi pulmonal
  3. Intervensi: non bedah dan bedah. Non bedah: penutupan transkateter (transcatheter occlusion). Bedah: penutupan ASD secara operasi. (ASD closure)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s