Pulmonary Stenosis

Pulmonary Stenosis (PS)  dalam bahasa Indonesia = Stenosis Pulmonal

PS adalah penyempitan pada arteri pulmonalis. Penyempitan ini bisa terjadi pada katup (PS valvar), di atas katup (supravalvar) atau di bawah katup (sub valvar). Penyempitan juga bisa terjadi pada cabang-cabang arteri pulmonalis (PS perifer).

PS mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke arteri pulmonalis dan peningkatan tekanan di bilik kanan. (lihat gambar jantung normal yang pernah saya posting).

Menurut derajat beratnya PS dibagi menjadi: PS ringan, sedang dan berat. PS ringan pada umumnya tidak memberikan dapak terhadap kesehatan. PS yang sedang dan berat berdampak pada kesehatan yaitu mengakibatkan gagal jantung karena beban tekanan pada bilik kanan. (Bilik kanan harus terus menerus melawan tahanan yang besar akibat terdapatnya penyempitan tersebut).

Komplikasi PS: Gagal jantung, endokarditis.

Tatalaksana PS:

  1. Tatalaksana definitif: Mengurangi atau menghilangkan beban tekanan pada bilik kanan dengan cara “membuka PS” secara non operatif (dengan balon PS) atau operatif.
  2. Tatalaksana medikamentosa: –
  3. Pencegahan endokarditis dengan menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi geligi, serta memberikan antbiotika profilaksis saat akan dilakukan tindakan pada gigi geligi kan kateter urin.

Kapan anda harus ke dokter:

  • Seperti anak yang lain: untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan dan imunisasi.
  • Bila anak menjadi lebih cepat lelah dibanding sebelumnya
  • Bila anak demam terus menerus lebih dari 3 hari, dan terutama bila sudah lebih dari 1 minggu meskipun sudah sudah berobat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s