PJB sebagai penyebab gagal jantung pada anak

Gagal jantung, apakah itu?

Gagal jantung adalah keadaan ketidak mampuan jantung untuk memompakan darah keseluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan metabolisme.

Jantung memompa  darah yang berisi oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh sebagai bahan untuk membentuk energi. Pada keadaan metabolisme tubuh yang meningkat, kebutuhan energi juga meningkat, sehingga diperlukan kerja ekstra jantung untuk meningkatkan curah jantungnya agar kebutuhan energi yang meningkat pada keadaan tersebut dapat terpenuhi. Jantung yang sehat dapat meningkatkan kinerjanya untuk memenuhi kebutuhan metabolisme yang meningkat tersebut, namun jantung yang “sakit” tidak,  sehinga terjadi keadaan yang disebut gagal jantung.

Metabolisme tubuh meningkat antara lain terjadi pada keadaan aktivitas fisis/olah raga, sakit, demam, anemia. Salah satu penyakit jantung yang dapat menyebabkan gagal jantung adalah PJB.

PJB apa saja yang dapat menyebabkan gagal jantung dan kapan?

Tidak semua PJB mengakibatkan gagal jantung pada masa neonatus atau bayi. Gagal jantung pada PJB tersebut terjadi pada usia yang bervariasi. Beberapa jenis PJB dapat mengakibatkan gagal jantung pada masa bayi, dan sebagian lainnya mengalami gagal jantung di masa anak-anak atau remaja (Tabel 1.)

Tabel 1. PJB penyebab gagal jantung ditinjau dari usia saat terjadinya gagal jantung.

Usia PJ Bawaan
Saat lahir Sindrom hipoplasi jantung kiri (SHJK)

(hypoplastic left heart syndrome=HLHS)

  Lesi yang memberikan beban volume:

·         Insufisiensi katup trikuspid atau insufisiensi katup pulmoner

·         Fistula arteriovena sistemik yang besar

Minggu pertama Trasposisi ateri besar (TAB) (transposition of great arteries=TGA)
  Duktus arteriosus paten (DAP) (Patent ductus arteriosus=PDA)
  Sindrom hipoplasi jantung kiri (SHJK) dengan kemungkinan terdapatnya variasi pada anatomi jantung
  Anomali total muara vena pulmoner terutama yang disertai penyempitan vena atau dengan defek septum atrium yang kecil/restriktif.
  Lainnya:

Fistula arteriovena sistemik

Stenosis katup aorta (SA) atau stenosis katup pulmoner (SP) kritis

1-4 minggu Koarktasio aorta dengan kelainan lain yang mungkin menyertai
  Stenosis katup aorta (SA) kritis
  PJB dengan pirau kiri ke kanan yang besar (DSV, DAP) pada bayi prematur
  Semua kelainan jantung yang dapat menyebabkan gagal jantung di usia sebelumnya, dapat menjadi penyebab gagal jantung di usia ini.
4-6 minggu Defek septum atrio-ventrikel komplit (DSAV) (complete atrioventricular septal defect=CAVSD; =endocardial cushion defect=ECD)
6 minggu-4 bulan DSV besar
  DAP besar
  Anomali arteri koroner kiri dari arteri pulmoner (ALCAPA=anomalous left coronary artery from the PA)
1 tahun DSV besar
  DAP besar
  DSAV

Maka, bila pada pada usia neonatus atau bayi nampak muncul tanda-tanda yang bersesuaian dengan tanda klinis gagal jantung, di antaranya sesak napas, maka kemungkinan PJB penyebabnya dapat dilihat pada tabel di atas. Tabel tersebut dapat bapak/ibu tunjukkan ke dokter keluarga atau dokter yang merawat anak-anak ibu supaya segera ditelusuri kemungkinan terdapatnya penyakit jantung sebagai penyebabnya. Tanda-tanda gagal jantung tidak dibicarakan pada diskusi ini, tetapi dibicarakan pada lembar diskusi yang lain.

Tinggalkan komentar